Awal Hobi menjadi Berkah dengan menanam

Hobi menanam membawa Berkah

PONDOWAN, 13 SEPTEMBER 2020.

Banyak aktivitas berharga yang bisa kita lakukan setiap hari. Rekreasi bersama keluarga melepas penat setelah bekerja. Berolahraga dengan bersepeda, jogging, berenang atau lainnya. Tapi ada satu kegiatan yang sangat dahsyat dan ternyata dapat menjadikan hidup kita lebih berkah, yaitu menanam. Kegiatan ini sederhana dan dapat kita lakukan di waktu-waktu senggang. Hidup berkah artinya hidup penuh kebaikan, baik yang kita rasakan sendiri maupun yang terasa dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Bunga mempercantik rumah kita
Bunga hijau mempunya kesan Asri

Lalu apa hubungannya menanam dengan hidup berkah? Ada banyak factor yang menyebabkan hidup kita lebih berkah karena menanam. Dari semua factor itu dapat kita kerucutkan ke dalam dua hal, yaitu factor mental (psikis) dan lingkungan serta factor agama (religius).

Secara mental kegiatan menanam dapat menyehatkan jiwa kita. Sebab kegiatan menanam ini telah menumbuhkan jiwa simpatik dan empatik kita. Menanam berarti memberikan kehidupan terhadap makhluk lain, yaitu tanaman yang kita tanam itu dan makhluk lain yang berhubungan dengannya seperti mikroba, ulat, tawon, belalang, burung dan manusia. Menanam bisa diartikan sebagai symbol persahabatan dengan makhluk lainnya. Maka dari itu, dengan menanam jiwa kita akan lebih tenang.

Tak Sekadar Tren, Menanam Bunga Mempunyai Segudang Manfaat untuk Kesehatan Mental
  • Mengurangi Perasaan Tertekan.
  • Mengurangi Gejala Depresi.
  • Menjaga Kesehatan Otak.
  • Membuat Hidup Lebih Produktif.
  • Menurunkan Risiko Demensia.
  • Kualitas Hidup Lebih Baik.

Oleh karena itu menanam telah menimbulkan kebaikan-kebaikan. Semakin banyak kebaikan yang timbul karena kegiatan menanam, semakin banyak pula keberkahan yang kita rasakan.

Selain itu, menanam juga membangkitkan kebiasaan berbagi dengan sesama. Sebab tanaman yang kita tanam itu akan dinikmati hasilnya oleh kita dan orang lain, bahkan setelah kita tiada sekalipun. Hasil dari tanaman itu bukan hanya berupa buah yang dapat kita makan langsung atau dengan olahan, bukan hanya berupa bunga yang dapat kita petik, bukan pula hanya berupa biji yang dapat kita semai, atau hanya berupa daun yang dapat kita berikan pada ternak atau diekstrak untuk obat, bukan hanya berupa ranting yang dijadikan kayu bakar, atau akar yang dijadikan ramuan atau pohon (batang) yang secara fisik dapat dinikmati. Lebih dari itu hijau tanaman juga memberi kesejukan pada setiap mata yang melihatnya, memfilter udara bagi setiap orang yang menghirupnya, dan menampakkan keindahan bagi semua orang yang menikmatinya.

Menanam membawa berbagai keberkahan

Dengan demikian, menanam adalah aktivitas yang dapat membahagiakan banyak orang. Di samping manfaatnya dapat dirasakan secara konkret, keasrian dan indahnya tanaman juga menyejukkan suasana. Maka semakin banyak manfaat yang terjadi akibat dari kegiatan menanam, semakin banyak pula keberkahan yang terjadi dalam kehidupan kita. ( Fii ).

Hobi menanam membawa Berkah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan