Buah Matoa, Meningkatkan Perekonomian Desa Pondowan

PONDOWAN, Sebagai desa matoa yang diresmikan Bupati Pati Bapak Haryanto pada bulan Bhakti gotongroyong pada tahun 2016. Sejak saat itu desa Pondowan kecamatan Tayu kabupaten Pati terkenal dengan sebutan desa Matoa. Hampir semua pekarangan rumah ada pohon matoanya.

Kini salah satu kampung di desa Pondowan juga menamakan kampung Matoa. Selain hampir semua rumah memiliki pohon Matoa, dikampung ini juga banyak pembibitan pohon Matoa, serta banyak penebas-penebas atau warga yang berprofesi sebagai pedagang Matoa.

Kampung Matoa ini yaitu RT 05 RW 03 desa Pondowan atau terkenal RT 16 kini menandai kampungnya dengan kampung Matoa.

Pohon yang menghasilkan buah Matoa mempunyai berkah tersendiri bagi warga desa Pondowan, meningkatkan perekonomian desa. Karena berkah pohon dan buah Matoa selain mendapatkan hasil dari penjualanya. Tercipta lapangan kerja baru, warga ada yang jadi penjual, penebas dan kuli panjat pohon Matoa. Sehingga warga yang mulanya tidak bekerja sekarang banyak yang bekerja berkat buah Matoa.

Sekarang buah Matoa terus dikembangkan, Mudah-mudahan dapat menjadi ikon kampung dan Desa Pondowan dan warga mendapatkan manfaatnya. (Aw).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan