Dana Desa tahun 2020 di Pakai di Berbagai Kegiatan

pondowan-tayu.desa.id. Desa yang terletak 30 km dari Pusat kota Pati, tepatnya di kecamatan Tayu sebelah barat Pabrik Gula Pakis. Desa yang harmonis, masyarakat yang guyub rukun dalam bermasyarakat. Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati yang dipimpin kepala Desa Wanita yaitu Endang Sawitri Wulandarsih SH, yang menjabat kurang lebih 25 Tahun atau 3 Periode Jabatan.

Di Tahun 2020 Desa Pondowan mendapatkan Dana Desa Sebesar 1.007.984.000. Karena adanya Musibah covid 19 di Indinesia Dana desa dikurangi 10 juta. Dalam penggunaan Dana sesuai Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang diturunkan dalam Rencana Anggaran dan belanja Desa (APBDes)Tahun 2020. Sesuai hasil Musyawarah rencana Pembangunan Desa dan ditetapkan bersama Badan Permusyawaratan Desa Pondowan.

Dana Desa Untuk pembangunan jalan Desa.

Hasil yang disepakati ini juga sesuai petunjuk teknis dari Pemerintah Desa yang di prioritaskan pencegahan stunting. Selain itu inovasi peningkatan ekonomi masyarakat, yaitu Pembangunan jembatan usaha tani. Pengembangan SID, Peningkatan Sorga Desa atau sarana olahraga khususnya pembangunan lapangan volly. Selain itu pembangunan lainya yaitu pengaspalan jalan dan pembangunan rabat beton, normalisasi saluran pemukiman yang dikerjakan dengan Padat Karya Tunai.

Desa untuk Bantuan langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat.
Dana Desa untuk Pembangunan lapangan Voli.

Karena adanya Covid 19 ini anggaran Dana Desa (DD) untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat Desa yang belum mendapatkan bantuan apapun. Hal ini sebagai upaya penanganan civid di desa untuk peningkatan ekonomi warga. Anggaran ini diambil dari beberapa kegiatan pembangunan yang ditunda dan dialihkan untuk BLT tersebut.

Selain dari dana Desa pendapatan anggaran juga dari PAD, BKK, BKP, PBH. APBDes ini mulai perencanaan, pelaksanaan sampai pelaporan dilakukan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Desa membangun untuk desa yang lebih baik, maju, mandiri dan sejahtera. (Aw).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan