“KRIGAN” Wujud Guyub Rukun Warga RT 12 Desa Pondowan

Para Bapak-bapak menormalisasi selokan lingkungan.

PONDOWAN, 13 SEPTEMBER 2020

KRIGAN Merupakan salah satu budaya Jawa yang harus dilestarikan. Di desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati KRIGAN merupakan kebiasaan warga dalam menyelesaikan suatu pekerjaan untuk Kepentingan Bersama.

Kebiasaan warga yang disebut KRIGAN dilakukan secara bersama. Biar Pekerjaan yang dilakukan cepat terselesaikan. Di lingkungan RT 1/3 istilah KRIGAN merupakan kebiasaan bagi warga.

Warga RT 1/3 melaksanakan KRIGAN.

” Kata Slamet ketua RT 01 RW 03 KRIGAN ini merupakan budaya warga disini. Apalagi untuk urusan kebersihan lingkungan dan kebersamaan. Warga lingkungan sangat antusias untuk bergotong royong atau kriban. Mulai anak-anak, ibu-ibu dan para suami ikut berpartisipasi.”

“KRIGAN kali ini untuk membersihkan dan mernormalisasi selokan dan drainase jalan kampung. Serta membersihkan bahu jalan. Para bapak membawa cangkul untuk membersihkan rumput yang ada di bahu jalan. Para ibu-ibu membawa sapu menyapu jalan . Beberapa ada yang membawa arit untuk memotong pohon yang ke jalan.” Kata Slamet ketua RT 01 RW 03.

KRIGAN Wujud Guyub rukun warga RT 1 RW 03.

 

Bapak-bapak dan ibu-ibu dalam KRIGAN membersihkan lingkungan.

Harapan dari kami KRIGAN ini nantinya tetep terjaga, terutama persatuan dan kesatuan warga. Guyup rukun dan saling bergotong royong, rasa kekeluargaan demi lingkungan yang damai kondusif dan aman. Kata slamet.(wani).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan