MMD Musyawarah Masyarakat Desa Untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Tahun 2020 untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Desa.

PONDOWAN, KAMIS 8 OKTOBER 2020.

pondowan-tayu.desa.id. – Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Tahun 2020 dilaksanakan di Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Jawa Tengah. Kegiatan ini difasilitasi oleh Puskesmas Tayu I. Musyawarah  ini membahas hasil dari survei mawas diri yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya oleh Kader Kesehatan Desa. (Kamis, 8-10-2020).

Pelaksanaan kegiatan MMD dilaksanakan di Ruang sekretariat Balai Desa Pondowan. Musyawarah Masyarakat Desa dimulai pukul 09.00 WIB s.d 10.30 WIB. Karena dalam era Pandemi ini kegiatan hanya dibatasi maximal satu setengah jam. Selain itu kegiatan juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Ucapan Selamat datang disampaikan sekretaris Desa Pondowan dalam kegiatan MMD Tahun 2020.

Hadir dalam MMD kepala Puskesmas Tayu I Bapak Mustain beserta Tim dari Puskesmas, Ketua komite Kesehatan Kecamatan Tayu, Kepala Desa Pondowan yang diwakili Bapak Susanto sekretaris Desa, ketua FKD Desa Pondowan beserta anggota, Bidan Desa, Kader Posyandu dan perwakilan lembaga Desa Pondowan.

Bapak Susanto sekdes Pondowan mengatakan dalam sambutan nya meminta izin atas ibu kepala tidak bisa hadir karena sesuatu hal. Yang kedua meminta maaf karena kegiatan bertempat di sekretariat Desa, karena di Aula dipakai kegiatan penyaluran BLD-DD.

Kepala Puskesmas Tayu I Bapak Mustain memberikan sambutan dalam musyawarah Masyarakat Desa.

Dalam MMD ini kepala Puskesmas Tayu I Bapak Mustain menyampaikan informasi tentang Covid, tidak ada orang dicovidkan. Puskesmas mengeluarkan hasil Covid berdasarkan informasi yang valid dari Dinkes dan Rumah sakit yang melakukan uji laboratorium atau swab pasien. Diwilayah kerja puskesmas Tayu I pasien positif yang meninggal sudah 4 orang. Untuk itu menghimbau agar warga mematuhi protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini juga Bapak Edi Sumarno komite Kesehatan Kecamatan Tayu juga berpesan agar Kader Kesehatan Desa, perangkat desa maupun lembaga desa memberikan contoh dalam menerapkan protokol kesehatan. Karena Covid 19 ini tidak rekayasa dan benar adanya. Buktinya sudah banyak korban. Apalagi bagi orang-orang yang sudah mempunyai riwayat penyakit. Operasi Yustisi juga masih akan dilakukan, pemberlakuan jam malam masih berlaku untuk penanganan dan pencegahan Covid 19 di Wilayah Kecamatan Tayu.

Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dihadiri dari beberapa elemen dan unsur masyarakat.

Dalam kegiatan MMD Tahun 2020 mendiskusikan permasalahan yang di Desa. Kemudian pembahasan solusi-solusi dan diharapkan nantinya dapat dianggarkan di tahun 2021. Penanganan Covid masih prioritas, peningkatan mutu SDM, pelatihan kader posyandu, alat-alat kelengkapan kesehatan, Posbindu, penanganan DBD juga diperhatikan.

MMD merupakan kegiatan untuk membahas masalah-masalah kesehatan yang ditemukan di desa, dan Carikan solusinya bersama-sama.

Hal ini bertujuan untuk menjaga sumber daya manusia dari berbagai penyakit maupun gangguan kesehatan lainya. Betapa penting dan mahalnya kesehatan manusia. Oleh karena itu peningkatan pelayanan kesehatan desa harus terus ditingkatkan. Karena sehat itu mahal.

Bapak Suwanto ketua FKD Desa Pondowan memimpin Diskusi dalam musyawarah Masyarakat Desa Tahun 2020 ini.
Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Tahun 2020 untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Desa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan