Pemanfaatan Limbah Pendamping Desa Menggandeng BPP Tayu

Pemanfaatan limbah atau kotoran hewan dimentori langsung tim BPP Kecamatan Tayu.

PONDOWAN: SABTU, 31 OKTOBER 2020.

pondowan-tayu.desa.id – Ditengah-tengah Masyarakat banyak limbah yang melimpah dan tidak difungsikan. Limbah dibuang begitu saja. Apalagi limbah ternak atau kotoran ternak banyak yang dibuang begitu saja. Limbah atau kotoran hewan ada yang dibuang di tepi sungai, ada yang dibuatkan blumbang diperkarangan rumah. Setiap blumbang sudah penuh ditutup dan buatkan kembali disampingnya. Jadi limbah atau kotoran terbuang begitu saja.

Melihat kondisi seperti itu pendamping desa kecamatan Tayu bersama Dispermades Kabupaten Pati mengadakan pelatihan terhadap pemanfaatan limbah atau kotoran hewan tadi. Tentunya para pendamping Desa tidak sendirian, mereka menggandeng ahlinya yaitu Badan Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Tayu. Tim BPP ini yang memberikan edukasi atau pelatihan pemanfaatan limbah dan kotoran hewan.

Proses pembuatan pupuk organik dari limbah atau kotoran hewan.

Hal ini merupakan kerjasama antar dinas yaitu Dispermades Kabupaten Pati sebagai penyelenggara dan Dinas pertanian yang di wakili Badan Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Tayu sebagai tim edukasi. Kegiatan ini didampingi oleh pendamping Desa Kecamatan Tayu.

Kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah atau kotoran hewan dimaksudkan agar limbah atau kotoran hewan nantinya tidak terbuang begitu saja. Namun masyarakat sadar kalau limbah atau kotoran hewan dapat digunakan untuk atau sebagai pupuk kandang atau pupuk organik. Kegiatan ini melibatkan masyarakat yang mengelola unit ternak di Desa Nya. Agar nanti dapat ditularkan kepada masyarakat lain.

Ayo kita dukung dan kita sukseskan pemakaian pupuk Organik menuju pangan yang sehat. Kita manfaatkan potensi limbah yang melimpah disekitar kita menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi.

Pemanfaatan limbah atau kotoran hewan dimentori langsung tim BPP Kecamatan Tayu.
Pelatihan pemanfaatan limbah atau kotoran hewan menjadi pupuk.
Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan