Pembuatan Pupuk Organik dan Pembuatan fregmentasi Jerami

Praktek Fregmentasi jerami dalam kegiatan Diklat tenaga teknis dan masyarakat.

PONDOWAN: SELASA, 27 OKTOBER 2020.

pondowan-tayu.desa.id – Pembuatan pupuk organik padat dan cair merupakan kegiatan utama dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga Teknis dan Masyarakat tahun 2020 yang diselenggarakan Dispermades. Kegiatan yang diikuti 15 Bumdes Se Kecamatan Tayu ini agar nantinya peserta dapat memanfaatkan potensi alam yang besar di daerah sekitarnya.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga teknis dan masyarakat hari kedua adalah melanjutkan kegiatan hari pertama yaitu praktek kegiatan pembuatan pakan ternak dari Jerami yang di fregmentasi, dan pembuatan pupuk kompos atau pupuk organik baik cair maupun padat. Kegiatan ini dipandu langsung oleh ahlinya dari tim Badan Pengelola Pertanian BPP Kecamatan Tayu.

Praktek pembuatan pupuk kompos dalam Diklat tenaga teknis dan masyarakat.

Fregmentasi jerami untuk pakan ternak khusus nya hewan Sapi sangat bermanfaat bagi peserta karena diwilayah Kecamatan Tayu banyak lahan pertanian yang pada musim panen jerami sangat melimpah. Dengan mengetahui cara fregmentasi jerami ini nantinya dapat memanfaatkan Jerami yang melimpah untuk difregmentasi dan dijadikan pakan ternak. Karena fregmentasi merupakan cara untuk mengawetkan Jerami. Jadi jerami dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Kegiatan praktek yang lain yaitu pembuatan pupuk kompos organik. Pembuatan pupuk Organik ini ada dua macam yaitu Organik Padat yang berasal dari kotoran hewan dicampur dengan berbagai bahan dan diproses sehingga menjadi pupuk organik padat. Untuk pembuatan pupuk organik cair berasal dari air kencing hewan, bisa dari kelinci maupun sapi, kemudian diproses dengan beberapa bahan lain dan jadi pupuk organik cair.

Mudah-mudahan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan bagi peserta dan nantinya dapat bermanfaat bagi mereka. Sehingga dapat memanfaatkan potensi alam yang melimpah untuk hal yang berguna.

Praktek Fregmentasi jerami dalam kegiatan Diklat tenaga teknis dan masyarakat.
Peserta Diklat dilatih pembuatan pupuk organik.
Kegiatan Praktek dalam Diklat tenaga teknis dan masyarakat.
Peserta pelatihan ikut meracik dalam praktek pembuatan pupuk kompos.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan