Pendamping Desa mengadakan uji Petik kegiatan DD di Desa

Kegiatan Uji Petik Pelaksanaan Kegiatan DD oleh Pendamping Desa.

PONDOWAN: SELASA, 27 OKTOBER 2020.

pondowan-tayu.desa.id – Pendamping Desa Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Jawa Tengah mengadakan kegiatan uji Petik kegiatan pelaksanaan DD (Dana Desa) tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan oleh Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (TA ID) bersama Pendamping Desa Teknik infrastruktur (PDTI) serta Pendamping Lokal Desa (PLD). Pelaksanaan Kegiatan ini di desa Sendang Rejo kecamatan Tayu.

Tim uji Petik diterima langsung oleh kepala Desa Sendang Rejo Bapak Sulyanto. Kegiatan uji Petik ini dalam rangka sinkronisasi anggaran Dana Desa (DD) antara yang dilaporkan melalui Siskeudes dan Sipede sama dan tidak ada selisih. Karena Siskeudes langsung sinkron dengan omspan yang dapat dipantau langsung oleh Kemenkeu. Sedangkan laporan pelaksanaan oleh kemendesa melalui sistem pembangunan Desa (Sipede).

Pengecekan lokasi pembangunan dalam uji Petik oleh Pendamping Desa.

Sipede yang diinput oleh pendamping Desa merupakan realisasi kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBDes). Dalam Sipede ini juga dapat dilihat realisasi kegiatan Sapras (infrastruktur) dan non Sapras. Laporan melalui Sipede merupakan laporan pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari Dana Desa DD dan dapat dipantau langsung oleh kementerian Desa.

Dalam kegiatan uji petik juga dilakukan cek lokasi pembangunan. Agar diketahui volume Pembangunan sesuai dengan rencana kegiatan atau belum. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian Anggaran dengan realisasi pelaksanaan pembangunan. Selain itu pengecekan prasasti sudah sesuai dengan realisasi penggunaan dana atau belum.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan Tim Pelaksana kegiatan (TPK) mendampingi tim uji petik ke lokasi pembangunan. Pendamping Desa terus memberikan pelayanan dan mendampingi desa untuk kemajuan Desa dan kesejahteraan masyarakat Desa.

Pencocokan RPD dengan Prasasti ditempat pelaksanaan pembangunan DD.
Kegiatan Uji Petik Pelaksanaan Kegiatan DD oleh Pendamping Desa.
Kegiatan Pelaksanaan pengaspalan jalan didesa Sendang Rejo.
Pengukuran Volume hasil pembangunan di desa oleh TAID

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan