POLINDES Pondok Bersalin Desa Sarana Bagi Pelayanan Kesehatan Desa

Polindes Pondowan, Peresmian kampung KB Desa Pondowan

Pondowan-tayu.desa.id – Polindes Desa Pondowan yang berlokasi di Komplek Balai Desa Pondowan tepatnya diwilayah RT 004 RW 001 ( Depan SD N 02 Pondowan ). Polindes ini memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Desa Pondowan. (Rabu, 16 September 2020).

Polindes merupakan bentuk sarana pelayanan kesehatan ditingkat desa sebagai upaya melengkapi sarana bagi bidan didesa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Polindes, atau kepanjangan dari pondok bersalin desa, adalah salah satu bentuk partisipasi atau peran serta masyarakat dalam menyediakan tempat pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk KB yang mana tempat dan lokasinya berada di desa.

 Fungsi Polindes di desa adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan mutu dan mendekatkan pelayanan KB-KIA
  2. Sebagai tempat pemeriksaan kehamilan
  3. Sebagai tempat persalinan
  4. Sebagai tempat pelayanan kesehatan
  5. Sebagai tempat konsultasi kesehatan
Kegitan Pelayanan di Polindes oleh Bidan Desa.
Polindes Pondowan, Peresmian kampung KB yang ditandai dengan TUGU KB Desa Pondowan.

Polindes merupakan salah satu bentuk PSM dalam menyediakan tempat pertolongan persalinan dan pelayanan KIA, termasuk KB di desa.

PSM dalam pengembangan Polindes dapat berupa penyediaan tempat untuk pelayanan KIA (khususnya pertolongan persalinan ), pengelolaan Polindes, pergerakan sasaran dan dukungan terhadap pelaksanaan tugas bidan desa.

Peran bidan desa yang sudah di lengkapi oleh pemerintah dengan alat-alat yang diperlukan adalah  memberikan pelayanan kebidanan kepada masyarakat di desa tersebut. Pembinaan dan pengembangan Pelayanan oleh Puskesmas.

Tempat Konseling Gizi dan diskusi bagi ibu-ibu.
Polindes sebagai tempat Posyandu di Desa Pondowan.

Pengelolaan Polindes yang baik akan menentukan kualitas pelayanan sekaligus pemanfaatan pelayanan oleh masyarakat.

Kriteria pengelolaan Polindes yang baik adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memanfaatkan Polindes, sehingga dapat meningkatkan cakupan dan sekaligus dapat memuaskan semua pihak.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan