PONDOWAN Desa yang menyimpan banyak Pesona

Pesona Desa Pondowan dilihat dari sawah Panggang

PONDOWAN, 14 SEPTEMBER 2020

Pesona alam Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati yang begitu sejuk, Asri dan Indah. lahan persawahan dan Tegalan dengan dihiasi panorama pegunungan muria yang begitu gagahnya. Desa yang begitu banyak pepohonan sehingga kelihatan hijau. itu sedikit gambaran tentang alam desa kecilku.

Desa yang mempunyai hasil Alam dari pertanian, Perkebunan atau Tegalan, serta dari pekarangan yang juga banyak ditanami pepohonan yang produktif. Pertanian di desa Pondowan mayoritas ditanami Padi. Ada juga Kacang-kacangan dan jagung. Untuk Area perkebunan maupun Tegalan ditanami ketela pohon, kacang-kacangan, jagung, Pohon Sengon, Pohon jati, dan ada juga Tebu. Selain itu area tepi persawahan maupun Tegalan banyak pohon randu yang juga menghasilkan.

Guyub Rukun Warga dalam Kegiatan Normalisasi Saluran Air.
Pesona Persawahan Desa Pondowan.

Area Pekarangan Rumah Warga Desa Pondowan sebagian besar ditanami pohon Matoa. Pohon yang daunya hijau ini menghasilkan buah Matoa. Dengan banyak pohon Matoa Desa Pondowan lebih Adem dan Asri. Selain itu hasil Buah Matoa ini sangat meningkatkan perekonomian di Desa. Selain hasil dari Buah matoa, Banyak warga yang jadi atau berfrofesi pedagang Matoa. Ada juga sebagai kuli blongsong atau panjat matoa. hal ini berkah buah matoa mendorong peningkatan ekonomi bagi warga Desa Pondowan.

Tugu matoa ikon Desa Pondowan kec. Tayu.

Oleh sebab itu Tahun 2016 Desa Pondowan diresmikan sebagi Desa matoa Oleh Bapak Bupati Pati Haryanto. Dalam pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong di Desa Pondowan. Dan ini ditandai dengan adanya Tugu Matoa di Pintu Masuk Desa.

Kepala Desa Pondowan Ibu Sawitri mengatakan Desa Pondowan ini sangat hijau dan Asri. Dengan keramah tamahan warga serta didukung Guyub Rukunya warga. Sehingga Desa Pondowan sangat dinamis tentram dan Damai. Harapanya Kehidupan di Desa Pondowan tetap seperti ini warga makmur dan sejahtera. Dengan didukung progam pemerintah, baik Pemerintah Desa , daerah maupun Pusat.”

Kami selalu memberikan Progam-progam Pembangunan yang tujuanya untuk mensejahterkan rakyat. Mempromosikan Desa Pondowan ini kemanapun, Biar ada-ada Progam-Progam Pemerintah daerah maupun Pusat dilaksanakan di Desa. Sehingga di Desa Pondowan banyak Pembangunan di segala Bidang yang bersumber dari APBDes, APBD, Maupun langsung dari APBN. Yang Tujuanya Desa Pondowan menjadi Desa yang Maju, Demokratis Mandiri dan warganya sejahtera.

Ayo kita bersama-sama bersatu padu, Semangat Guyub Rukun kita Tingkatkan untuk Kemajuan Desa Pondowan yang Mandiri dan Sejahtera. (FIIN).

Pintu masuk Desa Pondowan.

 

Buah Matoa yang membawa Berkah bagi Ekonomi Warga.

 

Gerakan Penghijauan Tanam Pohon Akasia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan