Bambu Potensi Alam Yang Melimpah di Desa

  • Sep 30, 2020
  • pondowan

PONDOWAN: RABU, 30 SEPTEMBER 2020.

pondowan-tayu.desa.id. Desa Pondowan Kecamatan Tayu kabupaten Pati Merupakan desa yang kaya dengan potensi alam dan subur tanahnya. Banyak Pepohonan-pepohonan yang tumbuh dengan subur. Misal Pohon Bambu, banyak kita jumpai di desa ini. Baik ditanam dipinggiran desa maupun ditengah perkampungan.

Bambu juga banyak dijumpai di sepanjang aliran Sungai. Kita tahu desa Pondowan dilalui 2 sungai besar yaitu sungai gandul dan sungai hasil. Yang di sepanjang aliran sungai banyak tumbuh pohon bambu. Karena pohon bambu dapat melindungi tanah dari erosi.

[caption id="attachment_3729" align="aligncenter" width="259"] Pohon Bambu potensi alam yang melimpah di desa Pondowan.[/caption]

Pohon bambu yang manfaat untuk melindungi tanah agar tidak erosi, juga mempunyai manfaat lain yaitu melindungi perkampungan dari anginserta binatang buas agar tidak masuk perkampungan. Oleh sebab itu banyak kita jumpai pohon bambu dipinggiran desa.

[caption id="attachment_3730" align="aligncenter" width="300"] Bermacam-macam Pohon Bambu ada di desa pondowan.[/caption]

Selain untuk kelestarian dan menjaga lingkungan pohon bambu juga sebagai investasi, karena biasanya kalau sudah lebat pohonya, ditebang dan menghasilkan uang. Karena pohonya dapat dimanfaatkan untuk bangunan. Di Pondowan ada berbagai macam bambu, diantaranya bambu ori, bambu Jawa, bambu apus. (Aw/wn)