Mencari Informasi Tanpa Harus Datang ke Lokasi, KKN TIM II UNDIP Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Website Desa Guna Mempermudah Masyarakat Desa Mencari Informasi Terkait Desa

  • Aug 14, 2023
  • PONDOWAN-TAYU
  • BERITA, POTENSI DESA, KEGIATAN

Pati (14/08/2023) - Website Desa merupakan website yang dibuat oleh pemerintah desa untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang gambaran desa, rencana pembangunan, kegiatan sosial budaya, dan pelayanan publik desa. Website desa biasanya memuat visi, misi, dan rencana kerja pemerintah desa, data dan profil desa, kegiatan pembangunan desa, serta informasi terkait pelayanan publik seperti pengelolaan kependudukan, kesehatan, dan pendidikan. Desa pondowan merupakan salah satu desa yang terletak di pesisir Pantai Utara Pulau Jawa, Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Pati, Kecamatan Tayu. Letaknya berjarak sekitar 3 km dari pemerintahan Kecamatan Tayu, 23 km dari pemerintahan Kabupaten Pati, dan 52 km dari ibukota Provinsi Jawa Tengah. Desa ini mempunyai luas 234, 014 ha, memiliki 5 dusun yang terdiri dari 4 RW dan 21 RT. Desa ini memiliki potensi buah matoa, yang mana dengan adanya website ini masyarakat lain dapat mengetahui potensi desa ini dan menjadikan media promosi yang efektif dan efisien dalam mengenalkan produk dan potensi desa.

Desa pondowan sudah memiliki website namun masyarakat masih belum menggunakan website ini untuk mencari informasi. Maka dari itu Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat bagaimana cara menggunakan website desa. Website desa ini sangat memudahkan masyarakat untuk mencari informasi yang diperlukan tanpa harus datang ke balai karena informasi desa sudah ada di website desa mulai dari informasi terkait desa, pelayanan administrasi sampai dengan kegiatan desa.

Program ini dilaksanakan pada 5 Agustus 2023 bertempat di Balai Desa Pondowan yang di hadari perangkat desa dan masyarakatnya. Kegiatan ini diawali dengan memberikan sosialisasi apa itu website desa, fungsi dan manfaat website desa serta melakukan pelatihan cara menggunakan website desa. Dengan diadakan pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat memahami dan mengerti cara menggunakannya untuk memudahkan dalam mencari informasi yang diperlukan.

Penulis            : Gebby Ayu Oktaria Zulfi - Program Studi S1 Administrasi Publik K. Rembang

DPL                : Dr. Drs. Suroto M.Pd.

Lokasi             : Desa Pondowan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati