GEMAS HATI (Gerakan Makanan Sehat Atasi Stunting)! Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Edukasi Terkait Stunting dan Bagikan Makanan Sehat Inovasi Dimsum Ikan Bandeng Guna Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita di Desa Pondowan

  • Aug 11, 2023
  • PONDOWAN-TAYU
  • BERITA, KEGIATAN, KESEHATAN

Pondowan, Pati (07/08/2023) – Stunting merupakan gangguan pertumbuhan akibat masalah gizi kronis yang menyebabkan tinggi badan anak lebih pendek dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan normal anak-anak pada usia yang sama. Stunting merupakan salah satu masalah Kesehatan serius yang terjadi di Indonesia. Stunting dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Penderita stunting lebih rentan terkena penyakit sehingga berdampak pada turunnya produktivitas yang apabila tidak diatasi, maka dalam jangka panjang, stunting dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan angka kemiskinan. 

Menurut data Posyandu, di Desa Pondowan terdapat 12 Anak yang terindikasi Stunting. Meskipun prevelensi stunting di Desa Pondowan saat ini sudah di bawah 14%, artinya sudah sesuai dengan target pemerintah, namun stunting masih menjadi salah satu urgensi masalah yang eksistensinya harus ditekan. Salah satu upaya untuk menangani dan mencegah penyebaran stunting adalah dengan pemberian makanan tambahan untuk memperbaiki kebutuhan gizi anak.

Sebagai upaya untuk berkontribusi menekan dan mencegah terjadinya stunting, Tim II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2023 yang ditempatkan di Desa Pondowan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati menginisiasi program kerja multidisiplin dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya makanan bergizi untuk menekan angka stunting dan Pemberian Kreasi PMT agar gizi mereka dapat terpenuhi secara optimal. Dalam pelaksanaannya, program yang dilaksanakan pada 7 Agustus 2023 di Posyandu ini diawali dengan penjelasan materi secara verbal didukung dengan power point dan poster yang berguna untuk menunjang keberhasilan dalam menyampaikan materi.

Selain itu untuk menunjang program Stunting ini, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2023 memberikan PTM yaitu berupa dimsum ikan bandeng. Produk dimsum adalah variasi makanan ikan yang memberikan minat anak-anak untuk mengonsumsi ikan secara rutin, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Di sisi lain, dimsum dengan bahan dasar ikan khususnya ikan bandeng juga menjadi sumber protein hewani yang lebih mudah dijangkau dan diakses oleh masyarakat. program kerja multidisiplin ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk keseimbangan gizi balita, edukasi masyarakat mengenai kreasi menu PMT, serta meningkatkan kesadaran masyarakat di Desa Pondowan mengenai pentingnya upaya untuk mencegah stunting.

Disusun Oleh : KKN TIM II UNDIP SEMARANG 2023

DPL : Dr. Drs. Suroto M.Pd.

Lokasi : Desa Pondowan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati