Maintenance : Untuk Memperpanjang Usia Kegunaan Asset

  • Aug 14, 2023
  • PONDOWAN-TAYU
  • BERITA, PEMBANGUNAN

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro Semarang, Abdul ngalim, telah menyelesaikan program kerja monodisiplin dengan menerapkan prosedur maintenance  melalui Sosialisasi Maintenance Di Bengkel Las, Program kerja ini merujuk pada Sustainable Development Goals (SDGS) yang ke 9 yaitu “Industri, Inovasi, dan Infrastruktur”. pati, Jawa tengah, kamis  (27 juli  2023).

Pati (27/07/2023) – Maintenance adalah kegiatan untuk memonitor dan memelihara fasilitas dengan merancang, mengatur, menangani, dan memeriksa pekerjaan. Dengan demikian, berguna untuk menjamin fungsi dari unit selama waktu operasi (uptime) dan meminimalisasi selang waktu berhenti (downtime) yang diakibatkan oleh adanya kerusakan atau kegagalan. Beberapa tujuan Maintenance adalah sebagai berikut:

  • Untuk memperpanjang daya guna sebuah aset mesin, agar kapasitas produksi dan kualitas input tetap terjaga.
  • Menjaga kualitas pada tingkat yang tepat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh produk itu sendiri, dan kegiatan produksi yang tidak terganggu alias berjalan dengan lancar.
  • Mencapai tingkat biaya pemeliharaan serendah mungkin, dengan melaksanakan kegiatan pemeliharaan yang dapat membahayakan keselamatan para pekerja.
  • Menghindari kegiatan pemeliharaan yang dapat membahayakan keselamatan para pekerja

Hal inilah yang menjadi dasar bagi mahasiswa Tim 2 KKN Universitas Diponegoro di Desa pondowan, kecamatan tayu, Kabupaten pati untuk melakukan Penerapan dan Pelaksanaan mengenai pentingnya Maintenance bagi pekerja bengkel las, serta alat-alat yang digunakan. Penerapan dilaksanakan pada tanggal 27 juli 2023 dengan diawasi langsung oleh pemilik bengkel sebagaimana sasaran dari penerapan dan pelaksanaan ini adalah pemilik bengkel las di Desa Pondowan.