Mempermudah Mobilitas Masyarakat, Mahasiswa KKN Tim II Undip Melakukan Program PLART Bersama Karang Taruna Guna Meningkatkan Produktivitas Karang Taruna Desa Pondowan

  • Aug 11, 2023
  • PONDOWAN-TAYU
  • BERITA, LINGKUNGAN

Pondowan, Pati (07/08/2023) - Desa pondowan merupakan salah satu desa yang terletak di pesisir Pantai Utara Pulau Jawa, Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Pati, Kecamatan Tayu. Letaknya berjarak sekitar 3 km dari pemerintahan Kecamatan Tayu, 23 km dari pemerintahan Kabupaten Pati, dan 52 km dari ibukota Provinsi Jawa Tengah. Desa ini mempunyai luas 234,014 ha, memiliki 5 dusun yang terdiri dari 4 RW dan 21 RT. Luasnya desa ini membuat pendatang baru sedikit kesulitan untuk mencari lokasi yang dituju karena keadaan desa yang memiliki cukup banyak jalur serta banyaknya gang-gang yang ada di Desa Pondowan ini. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP berinisiatif membuat plang penunjuk arah dan memasangnya di beberapa titik strategis desa. Program ini merupakan program multidisiplin yang dilakukan berdasarkan permasalahan lapangan yang mana Desa Pondowan ini belum memiliki plang penunjuk arah di setiap RT sehingga membuat pendatang baru kesulitan dalam mencari lokasi yang dituju.

Program ini dilaksanakan pada 31 Juli 2023 dengan melakukan pemasangan Plart di titik strategis desa. Pelaksanaan program dimulai dengan survei lokasi untuk menentukan titik-titik strategis yang mudah dilihat pendatang baru. Pengerjaan meliputi proses desain pembelian alat dan bahan, pengecatan, pemasangan nama, hingga pemasangan plang di beberapa titik yang telah ditentukan. Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melakukan koordinasi bersama perangkat desa dan melibatkan karang taruna secara langsung dalam proses pembuatannya. Setelah melakukan survei lokasi dan konsultasi bersama karang taruna, penunjuk arah Desa di pasang di enam titik strategis persimpangan jalan desa. Dengan adanya program ini, harapannya dapat memudahkan mobilitas masyarakat khususnya pendatang baru. 

Disusun Oleh : KKN TIM II UNDIP SEMARANG 2023

DPL : Dr. Drs. Suroto M.Pd.

Lokasi : Desa Pondowan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati