Mengenal Buah Matoa Produk Unggulan Desa Pondowan

  • Sep 22, 2020
  • pondowan

PONDOWAN : SELASA, 22 SEPTEMBER 2020.

pondowan-tayu.desa.id.  Buah Matoa merupakan Produk Unggulan Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah. Berkat Buah ini perekonomian warga Desa menjadi meningkat.

Buah matoa ini dulunya buah asli dari Papua. Berkembangnya jaman, ada salah satu warga Desa Pondowan yang membawa bibit dan menanamnya di Desa Pondowan. Awalnya hanya beberapa orang saja yang menanamnya. Setelah berbuah banyak orang yang menyukai buah ini. Akhirnya banyak orang yang menanamnya. Hingga hampir semua pekarangan  setiap rumah ditanami buah matoa ini.

[caption id="attachment_54" align="aligncenter" width="276"] Buah Matoa yang membawa Berkah bagi Ekonomi Warga[/caption]

Hingga sekarang buah matoa ini merupakan Produk Unggulan Desa Pondowan. ALasanya pohonya banyak ditemukan disudut-sudut desa, Hampir setiap rumah mempunyai buah ini.

Buah matoa ini mempunyai rasa yang unik. Banyak orang yang menyukai Buah ini, ada yang bilang mirip durian, ada yang bilang mirip rambutan ada juga mirip dua-duanya. inilah rasa buah matoa dibilang unik.

[caption id="attachment_33" align="aligncenter" width="300"] Tugu Matoa
Produk unggulan Desa Pondowan[/caption]

Berkat buah matoa ini Perekonomian Desa Pondowan meningkat. Warga dapat menjual buahnya. Banyak warga yang menjadi pedagang matoa. Adanya buah matoa menjadi berkah tersendiri bagi banyak warga Desa Pondowan.(afi)