Mengenal Dusun Yang Ada Di Pondowan

  • Sep 22, 2020
  • pondowan

PONDOWAN : SELASA, 22 SEPTEMBER 2020.

pondowan-tayu.desa.id.  Desa Pondowan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati merupakan Desa yang terletak di Barat Daya Kecamatan Tayu. Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Margoyoso dan sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Gunungwungkal.

[caption id="attachment_427" align="aligncenter" width="215"] PETA DESA PONDOWAN TAYU MENGGAMBARKAN WILAYAH SESA PONDOWAN.[/caption]

Desa Pondowan mempunyai 4 (empat) RW dan 21 (dua puluh satu) RT. Selain itu Desa Pondowan terdiri 5 (Lima) Dusun, yaitu:

Dusun Gombong Merupakan Dusun yang paling Utara terdiri dari 2 RT yaitu RT 01 dan RT 02 RW 01. Dusun Krajan Dusun ini berada di jantung nya Desa Pondowan. Karena kantor balai desa, Sekolah Lapangan sepakbola ada di dusun ini. Wilayah dusun ini meliputi RT 03, 04, 05 RW 01. Dusun Drajak Wilayah ini berada di ujung barat bagian Utara. Makam Drajak juga berada di wilayah ini. Terdiri dari RT 06 dan 07 RW 01. Dusun Gayam Dusun Gayam berada ditengah-tengah Desa Pondowan. Wilayah ini juga mempunyai makam tersendiri. Gayam ini dilewati sungai Gandule. Wilayah Nya terdiri dari seluruh RW 02. Dusun Gading Dusun Gading merupakan wilayah paling selatan dan paling besar. Terdiri dari 2 (dua) RW yaitu RW 03 dan RW 04.Dusun ini terdapat 1 masjid dan 4 Mushola. [caption id="attachment_69" align="aligncenter" width="225"] Kantor Balai Desa Pondowan[/caption]   [caption id="attachment_66" align="aligncenter" width="225"] Pintu masuk Desa Pondowan[/caption]

Desa Pondowan termasuk Desa yang besar dengan 5 Dusun.

Masyarakat yang mempunyai kultur dan karakteristik yang berbeda-beda.
[caption id="attachment_33" align="aligncenter" width="300"] Tugu Matoa
Produk unggulan Desa Pondowan, Tugu ini merupakan monumen Desa.[/caption]

Namun Desa Pondowan merupakan Desa yang damai dan tentram. Masyarakat yang suka Guyub Rukun dalam segala hal. Lebih-lebih kalau mbangun Desa. (Afi).