Peduli Sampah, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Prinsip GELISAH (Gerakan Peduli Sampah)

  • Aug 14, 2023
  • PONDOWAN-TAYU
  • BERITA, LINGKUNGAN, KESEHATAN

Pati (13 Agustus 2023) - Mahasiswa dari Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh siswa/siswi SD Negeri Pondowan 01, mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekolah dengan menggunakan prinsip GELISAH (Gerakan Peduli Sampah). Kegiatan ini merupakan salah satu program monodisiplin yang dilakukan berdasarkan permasalahan lapangan yang mana SD Negeri Pondowan 01 masih banyak sampah disekitar sekolah dan penumpukan sampah di belakang sekolah yang menyebabkan sekolah terlihat kotor.

Program ini dilaksanakan pada 29 Juli 2023 bertempat di SD Negeri Pondowan 01, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kegiatan diawali dengan meminta izin kepada Kepala Sekolah SD Negeri Pondowan 01, lalu melakukan survei di sekitar sekolah, kemudian sebelum penyampaian materi dilakukan senam pagi bersama. Materi ini berisikan tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah, siapa saja yang harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah, apa yang harus dilakukan jika kita melihat sampah di lingkungan sekolah, beberapa titik kotor di sekolah, cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah, serta manfaat menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Setelah memberikan materi dilanjutkan dengan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah terutama depan kelasnya masing-masing. Dengan adanya kerja bakti dapat meningkatkan kesadaran siswa/siswi untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Jika tidak ada yang peduli dengan sampah maka reputasi sekolah akan buruk.

Setelah program sosialisasi dan edukasi ini dilaksanakan diharapkan siswa/siswi selalu peduli sama lingkungan sekitar sekolahnya dan saling mengingatkan satu sama lain serta jika melihat sampah di sekitarnya langsung diambil jangan dibiarkan saja, karena kesadaran diri itu sendiri penting. Kalau bukan kesadaran diri maka siapa lagi.

 

Penulis : Gebby Ayu Oktaria Zulfi - Program Studi S1 Administrasi Publik K. Rembang

DPL : Dr. Drs. Suroto M.Pd.

Lokasi : Desa Pondowan, Kecamatan Tayu, kabupaten Pati