Tingkatkan Sistem Informasi Desa, Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Optimalisasi Website Desa Menggunakan Prinsip "ALIF (Adaptif, Lengkap, Informatif, Dan Faktual)"

  • Aug 11, 2023
  • PONDOWAN-TAYU
  • BERITA, PEMERINTAHAN, PROFIL DESA, PEMBANGUNAN

Pondowan, Pati (27/07/2023) – Perkembangan teknologi sudah semakin pesat di masa sekarang ini. E-Government merupakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemerintahan. E-Government dapat meningkatkan akses terhadap informasi publik dan efisiensi layanan publik. Hal ini mendukung berjalannya tujuan SDG’s (Sustainable Development Goals) yang ke-9 dalam target 9.c yaitu meningkatkan akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bentuk E-Government adalah Website Desa. Website Desa adalah platform digital yang penting untuk menyediakan informasi akurat tentang seputar desa, meningkatkan transparansi, dan mempromosikan desa untuk meningkatkan kesejahteraan desa. Website desa juga berfungsi sebagai alat komunikasi yang efektif antara pemerintah desa dan masyarakat. Setiap desa wajib memiliki sebuah website/jaringan informasi, yang dalam hal ini telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Kabupaten Pati khususnya Kecamatan Tayu sudah memberikan platform untuk pengembangan website desa. Beberapa desa khususnya Desa Pondowan memiliki keterbatasan dalam sumber daya manusia untuk mengembangkan website desa sehingga membuat data-data di web desa Pondowan masih kurang dalam kelengkapan datanya.

Dilihat dari masalah di atas, Raden Alif Ristiawan Putra, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023 Program Studi Administrasi Publik K. Rembang, melakukan program kerja Optimalisasi Website Desa Menggunakan Prinsip "ALIF" (Adaptif, Lengkap, Informatif, dan Faktual). Program kerja ini bertujuan untuk mengoptimalkan website desa dengan melengkapi data-data Desa Pondowan agar dapat diakses oleh masyarakat umum untuk memperoleh informasi desa secara lengkap dan faktual.

Dalam website Desa Pondowan, diperlukan data-data mengenai seputar administrasi desa seperti visi misi desa, potensi desa, lembaga desa, fasilitas/sarana prasarana di desa, dan data-data lainnya yang terkait di Desa Pondowan. Untuk memperoleh data-data tersebut, Mahasiswa KKN UNDIP melakukan survei kepada kepala desa dan perangkat desa serta tokoh desa yang mengetahui seputar desa dan administrasi desa.

Dengan menggunakan aplikasi WebsiteDesa yang dibentuk oleh Kominfo RI, Mahasiswa KKN UNDIP melakukan pengisian data-data desa sesuai dengan data-data yang diperoleh. Program kerja telah terlaksana dengan lancar yang kemudian dipaparkan kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa Pondowan serta memberikan poster untuk menambah wawasan kepada Desa tentang pentingnya mengoptimalkan website desa. Program kerja Optimalisasi Website Desa dengan melengkapi data informasi desa ini disambut baik oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa dan harapannya dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi desa dan dapat mempromosikan desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan desa.

Penulis: Raden Alif Ristiawan Putra – S1 Administrasi Publik K. Rembang – Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Drs. Suroto, M.Pd

Lokasi: Desa Pondowan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati